Berbagai Situs Belajar Online

Berbagai Situs Belajar Online

 

Pernahkah Anda mendengar istilah e-learning? Jika Anda belum pernah, mungkin Anda pernah mendengar istilah seperti belajar online dan training online. Nah sebenarnya semua ini termasuk dalam kategori e-learning.

Secara garis besar, e-learning adalah penggunaan perangkat electronic seperti komputer, tablet, atau bahkan handphone untuk mengajari atau mempelajari konten-konten edukasi.

Anda pasti tahu bahwa Anda bisa belajar dari platform social media seperti Youtube dan blog, tetapi ada juga website-website yang sudah dibuat khusus dengan tujuan untuk menjadi platform belajar online.

Di artikel ini, kami akan membahas pengertian e-learning, manfaat e-learning, dan berbagai situs belajar online yang bisa Anda akses untuk menambah pengetahuan dan keterampilan Anda.

Pengertian e-learning

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sebuah sistem pembelajaran dan pengajaran formal dengan bantuan komputer, tablet, atau bahkan handphone bisa disebut sebagai e-learning. Proses pembelajaran sekarang tidak harus selalu berada di dalam kelas. Oleh karena itu, selama Anda menggunakan komputer dan internet untuk mengakses pelajarannya, Anda sudah melakukan kegiatan e-learning. E-learning juga bisa dikatakan sebagai jaringan yang memungkinkan pembagian pengetahuan dan penyampaian pendidikan diberikan kepada sejumlah besar penerima pada waktu yang sama ataupun berbeda.

Pada awalnya, e-learning tidak dianggap serius karena tidak adanya elemen manusia yang dibutuhkan dalam proses pembelajarannya. Tetapi dengan semakin berkembangnya teknologi dan sistem pendidikan itu sendiri, e-learning sudah mulai diterima di kalangan masyarakat. Dengan semakin banyaknya pengguna devices, komputer, tablet, dan handphones sudah menjadi bagian dari proses pembelajaran. Kita bisa melihat bahwa buku mulai diganti dengan berbagai materi edukasi elektronik seperti e-Book dan penggunaan slide powerpoint untuk proses penjelasannya. Selain itu, semakin banyak pengetahuan juga dibagikan melalui berbagai platform di internet seperti misalnya Youtube dan blog. Ini membuat materi-materi ini menjadi mudah diakses di mana saja dan kapan saja.

E-learning sendiri sudah dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan multinasional untuk melakukan program training untuk karyawannya. Ini bisa dilakukan dengan mengikutsertakan elemen e-learning pada seminar khusus bagi karyawan perusahaan tersebut. Selain itu, sekolah-sekolah juga sudah mulai memberikan akses e-learning bagi murid-muridnya agar mereka bisa belajar dimana saja dan kapan saja.

Tentu saja, konsep pengajaran tradisional dengan bantuan buku dan di dalam kelas masih tetap penting. Tetapi efektivitas pembelajaran berbasis teknologi tidak bisa Anda anggap enteng atau bahkan Anda abaikan. Otak manusia dapat dengan mudah mengingat dengan bantuan video dan gambar. Selain itu, visual juga sudah terbukti bisa membantu menarik perhatian para murid. Informasi yang didapat dari presentasi visual juga biasa tersimpan di dalam otak manusia untuk waktu yang lebih lama. Berbagai sektor, termasuk pertanian, kedokteran, pendidikan, layanan, bisnis, dan pemerintah di berbagai negara sudah mulai beradpatasi dengan konsep E-learning dan ini dapat membantu kemajuan sebuah negara.

Jenis-jenis e-learning

Sebelum ini, orang-orang berpikir bahwa e-learning hanya bisa dilakukan dengan memanfaatkan tools presentasi seperti Prezi atau membuat sebuah video. Dengan berjalannya waktu, e-learning pun berubah mengambil berbagai bentuk agar menjadi efektif bagi audience yang berbeda-beda.

Tidak hanya untuk audiencenya, setiap konteks pembelajaran membutuhkan syarat yang berbeda dalam pembuatan e-learningnya. Ada bahan edukasi yang mungkin bisa disampaikan cukup dengan menggunakan presentasi. Ada juga bahan edukasi yang mungkin membutuhkan modul interaktif agar lebih mudah dimengerti oleh pembelajarnya. Meskipun ada banyak jenis e-learning, pada dasarnya mereka terbagi menjadi tiga jenis:

  • Didominasi Text. E-learning pada level ini, isinya sederhana dan mencakup teks, grafik, beberapa audio, dan pertanyaan tes sederhana. Konten yang biasa menggunakan format ini adalah konten yang bertujuan untuk menyajikan pembelajaran dan menguji pembelajar dengan cepat setelah proses pembelajaran. Kursus berbasis teks jarang memiliki komponen interaktif, tidak ada gamifikasi, dan gambar yang digunakan juga sedikit. File PowerPoint yang diubah menjadi elearning sering masuk dalam kategori ini.
  • Interaktif. Sebuah kursus e-learning interaktif biasa memiliki format yang mirip dengan format e-learning berbasis teks. Tetapi ada lebih banyak elemen yang diletakkan dalam kursusnya untuk membuat pembahasannya lebih menarik. Secara visual pun, e-learning jenis ini juga menggunakan visual yang lebih banyak seperti graphic, chart, dan diagram dimana ini bisa mendorong aspek interaktifnya. Jenis e-learning yang interaktif ini biasa menggunakan video.
  • Simulasi. E-learning simulasi juga salah satu jenis e-learning yang interaktif dan memanfaatkan graphics, video, dan audio. Sering ada simulasi khusus untuk membantu perolehan pembelajaran, yang bisa juga mencakup komponen 3d. Pelatihan perangkat lunak baru adalah contoh kursus yang sering melibatkan interaktivitas dan simulasi tingkat tinggi. Bukan hal yang aneh jika simulasi ini juga disertai dengan semacam lingkungan “uji” terkontrol. Elearning yang “berat” dengan simulasi memberi penekanan pada konsep penggambaran melalui berbagai media, biasanya dimulai dengan teks dan grafis, dengan audio, dan video contoh. Setelah itu, sering ada mode “try-it” di mana pengguna dapat melatih keterampilan baru, berpotensi menghasilkan pencapaian atau poin di sepanjang jalan.

Manfaat e-learning

E-learning menawarkan berbagai keuntungan yang mungkin tidak Anda temukan di cara pembelajaran tradisional. Berikut adalah beberapa manfaat e-learning:

  • Dapat menjadi aktivitas asinkron atau sinkronis. Secara tradisional, e-learning bersifat asinkron, yang berarti tidak ada waktu yang ditentukan untuk pembelajaran berlangsung. Semua orang bisa mengikuti langkah mereka sendiri, dan meluangkan waktu untuk mempelajari apa yang perlu mereka ketahui, kapan mereka perlu mengetahuinya. Namun, e-learning yang lebih sinkron sekarang ditawarkan melalui konferensi web dan pilihan obrolan. Hal yang hebat tentang e-learning adalah memberi Anda pilihan untuk melakukan satu hal atau keduanya.
  • Global. E-learning bisa diletakkan di internet dan bisa dengan mudah diakses oleh banyak orang di dunia. Anda tidak perlu datang ke negara lain atau menjadwalkan meeting di zona waktu yang berbeda.
  • Bisa dipelajari melalui berbagai perangkat. Kelas online bisa diakses melalui komputer, mobile device seperti smartphone dan tablets. Ini berarti pelajaran-pelajaran e-learning bisa diakses dimana saja dan kapan saja.
  • Belajar sesuai kebutuhan. Dengan e-learning, Anda bisa memilih sendiri topik apa yang ingin Anda pelajari. Anda tidak perlu mengikuti suatu kelas yang panjang untuk mempelajari satu topik spesifik yang Anda ingin pelajari. E-learning juga biasanya tidak berdurasi panjang karena e-learning harus bisa menarik.
  • Lebih efisien. E-learning juga lebih efisien karena Anda tidak perlu mengorganisir sebuah sesi training yang dimana kadang Anda perlu menunggu sampai jumlah peserta mencapai angka tertentu agar Anda bisa menjalankan sesi training tersebut. Dengan e-learning, Anda tinggal mendistribusikan secara elektronik ke jutaan orang.
  • Biaya yang lebih murah. Tentunya e-learning juga tidak membutuhkan biaya sebanyak membuat acara offline. Baik Anda membuat kursus e-learning atau mengikutinya, biaya yang dibutuhkan tentu lebih murah.

 

  • Kualitas konten yang konsisten. Kursus e-learning biasanya memiliki kualitas konten yang konsisten. Dengan kelas offline, keadaan ruangan bisa mempengaruhi kondisi pembelajaran, tetapi dengan e-learning Anda tidak perlu khawatir tentang hal-hal ini. Anda bisa membuat konten yang konsisten dan bagi Anda yang mengakses kontennya, kualitas e-learning biasa konsisten karena pembuat e-learning memiliki waktu yang cukup untuk membuat konten mereka.

 Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik? Kalau iya, yuk lanjut baca artikel ini.

Berbagai situs belajar online

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan e-learning untuk belajar hal baru, Anda tidak perlu khawatir karena kami sudah mengumpulkan beberapa situs e-learning. Situs-situs dalam daftar ini memiliki topik pembelajaran yang berbeda-beda. Mulai dari IT sampai Bahasa. Apa saja ya kira-kira?

  1. edX

 EdX 

Situs belajar online yang satu ini menawarkan berbagai courses dari banyak universitas. Salah satu hal yang membedakan edX dari website belajar online lainnya adalah durasi programnya. Jika Anda sudah sign up, Anda berarti sudah berkomitmen untuk mengikuti semua pelajarannya serta mengerjakan tugas-tugasnya. Mereka akan memberi Anda schedule kelas dan jika Anda melewati masa periode pembelajaran, Anda tidak akan bisa mengakses bahan kelas tersebut. Anda bisa mendaftarkan diri ke kelas yang ditawarkan oleh universitas-universitas ternama seperti Harvard, MIT, Berkeley, dan masih banyak lagi. Jika Anda mencari kelas yang santai dan bisa Anda ikuti dalam waktu Anda sendiri maka mungkin ini buka website yang cocok untuk Anda. Kelas-kelas yang ditawarkan di website ini sama seperti kelas-kelas berbayar di sekolah atau universitas online.

  1. Coursera

Coursera adalah salah satu website yang menawarkan Massive Open Online Courses atau MOOCs. Anda bisa menemukan berbagai mata pelajaran dari banyak universitas terkenal seperti Princeton, Duke, Stanford, dan CalTech. Sama seperti EdX, kelas yang Anda ikuti juga memiliki masa berlaku, biasanya Anda bisa mengakses file nya selama 10-14 minggu. Dengan lebih dari 1 jut a pengguna, Coursera sering disebut sebagai website paling lengkap untuk situs belajar online gratis.

  1. Udemy

Udemy adalah sebuah institusi online yang menawarkan berbagai kelas. Kelas-kelas yang ada di Udemy juga diajarkan oleh orang-orang yang expert di bidangnya. Anda bisa belajar mulai dari topik seperti product development atau pengembangan produk, database SQL, Photoshop, teori music, bisnis, dan masih banyak lagi. Udemy juga memperbolehkan orang-orang yang memiliki pengetahuan tertentu untuk membuat kelas mereka sendiri sehingga Anda juga harus selektif dan hati-hati dalam memilih pelajaran. Di setiap kelasnya, akan ada bio setiap instruktor. Selain itu, mereka juga menyediakan area review user untuk memberi rating untuk kelas tersebut dan berbagi opini tentang kelas tersebut.

  1. Lynda

Lynda adalah sebuah situs belajar online yang membantu Anda untuk mempelajari bisnis, software, teknologi, dan skill kreatif lainnya untuk membantu perkembangan Anda secara professional. Lynda menawarkan paket-paket berlangganan untuk individual, corporate, academic, dan government. Dengan berlangganan paket-paket ini, Anda akan mendapat akses ke berbagai video yang engaging dan berkualitas tinggi milik Lynda.com yang diajarkan oleh expert industry yang sudah diakui. Lynda sudah berdiri selama 20 tahun dan sudah banyak digunakan oleh mahasiswa, pemilik bisnis, manager, dan masih banyak lain di industry bisnis, IT, dan kreatif. Selain itu, Lynda sudah melayani lebih dari 10 ribu organisasi. Dengan tutorial dalam lima Bahasa, Lynda juga sudah mencapai kesuksesan global. Saat ini, Lynda juga sudah menjadi bagian dari LinkedIn. Bagi Anda yang memiliki akun premium LinkedIn, dapat mengakses video-video ini melalui LinkedIn Learning.

  1. Stack Overflow

Bagi Anda para programmer, Stack Overflow bisa menjadi salah satu situs belajar online yang bisa Anda coba. Kalau Anda ingin mempelajari programming, Stack Overflow adalah platform e-learning yang tepat. Anda bisa langsung bertanya jika Anda memiliki pertanyaan. Stack Overflow memiliki banyak pengguna sehingga Anda dijamin tidak akan menunggu lama untuk mendapatkan jawaban.

  1. Codeacademy

Masih seputar coding dan pemograman, Anda bisa mencoba menggunakan Codeacademy. Di website belajar online yang satu ini, Anda bisa mempelajari berbagai Bahasa pemograman seperti HTML, CSS, PHP, dan Phyton. E-learning yang dilakukan di Codeacademy sangatlah interaktif. Situs ini membuat pemograman menjadi kegiatan yang mudah dipelajari, menyenangkan, dan berguna bagi para pemula. Situs ini memang lebih diperuntukkan bagi pemula sehingga kedalaman materi juga disesuaikan untuk pemula. Jika Anda hanya mencari pengetahuan pengantar dari subjek tersebut, Codeacademy bisa menjadi pilihan yang tepat.

  1. Lumosity

Lumosity adalah website yang diperuntukkan untuk meningkatkan kemampuan mental Anda seperti memori, perhatian, dan kemampuan analisis. Memang website ini mungkin terlihat seperti situs gaming. Tetapi permainan-permainan menyenangkan ini bertujuan untuk melatih otak Anda. Selain itu, Lumosity juga menawarkan program pelatihan pribadi agar Anda bisa mengatur waktu training Anda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Anda juga bisa melihat progress yang sudah Anda lakukan. Tujuan dari website ini adalah untuk melatih ketajaman otak Anda dan memang website ini bisa dibilang cukup adiktif.

  1. Duolingo

Duolingo adalah sebuah situs belajar online untuk belajar bahasa asing. Duolingo menawarkan berbagai bahasa asing yang banyak dipelajari seperti bahasa Inggris, Spanyol, Jerman, dan Prancis. Duolingo menyediakan 26 bahasa yang sudah siap untuk dipelajari, 4 bahasa dalam fase beta, dan 4 bahasa masih dalam proses “penetasan”. Website ini benar-benar membuat mempelajari bahasa menyenangkan. Duolingo juga gratis loh untuk digunakan!

  1. Ruangguru

Ruangguru

Dengan semakin berkembangnya dunia startup di Indonesia, pendidikan pun juga ikut terpengaruh. Salah satu situs belajar online yang paling terkenal di Indonesia adalah Ruangguru. Situs belajar online yang satu ini ada perusahaan teknologi di Indonesia yang focus pada layanan berbasis pendidikan. Sejak didirikan di tahun 2014 sampai saat ini mereka telah memiliki lebih dari 6 juta pengguna. Ruangguru memiliki lebih dari 150 ribu guru yang membagikan pengetahuan mereka di lebih dari 100 bidang pelajaran. Pelajaran yang ditawarkan di Ruangguru tidak hanya untuk mahasiswa universitas tetapi juga untuk anak-anak SD, SMP, dan SMA juga. Tentu saja semua pelajaran yang tersedia di Ruangguru disampaikan dengan menggunakan bahasa Indonesia. Anda juga bisa mengakses Ruangguru melalui aplikasi yang bisa Anda download di App Store dan Play Store.

  1. IndonesiaX

IndonesiaX 

Tidak hanya Ruangguru, Indonesia juga memiliki IndonesiaX sebagai situs belajar online untuk masyarakat Indonesia. IndonesiaX adalah sebuah platform online yang menawarkan berbagai kursus online atau Massive Open Online Courses. Pelajaran-pelajaran yang disediakan di IndonesiaX datang dari universitas, intuisi, dan praktisi di berbagai bidang. Memiliki tujuan untuk mencerdaskan bangsa, mereka fokus untuk mengembangkan edukasi dan pelatihan online dengan kualitas tinggi di Indonesia. IndonesiaX ingin membantu masyarakat agar mereka bisa mendapat akses ke pendidikan dan keterampilan yang berkualitas dengan memanfaatkan sistem managemen belajar atau learning management system (LMS) yang canggih. Pelajaran yang mereka tawarkan juga dalam bahasa Indonesia loh!

Simpulan

Seiring dengan semakin berkembangnya pendidikan online, peluang orang-orang untuk terus belajar juga akan terus berkembang dan bertumbuh. Semakin lama, universitas tradisional juga mulai melihat kebutuhan untuk mengurangi biaya pendidikan dan membuat siswa tetap tertarik dengan program mereka. Bagi Anda yang ingin membagi pengetahuan, Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan untuk menciptakan program pelajaran yang dinamis dan mudah diakses kapan saja dan dimana saja. E-learning memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk mengajarkan berbagai pengetahuan dan keterampilan dengan cara yang mudah dan menyenangkan sehingga murid-muridnya juga tidak akan bosan. Semoga Anda bisa menemukan situs belajar online yang tepat untuk keinginan dan kebutuh Anda. Jika Anda punya rekomendasi situs belajar online lainnya, Anda bisa tinggalkan komen di bawah artikel ini!

Jika Anda ingin tahu tips & tricks lain dari Dewaweb, Anda bisa membaca dua artikel tips & tricks terbaru kami mengenai 10 CMS Untuk Membuat Forum dan Cara Daftar Google AdSense!

leave your comment


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.